Benarkah Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal ?

Bayam merupakan satah satu sayuran yang menyimpan banyak khasiat serta manfaat bagi tubuh. akan tetapi di balik manfaat bayam, banyak isu yang beredar bahwa makan sayur bayam bisa meyebabkan batu ginjal . lantas Benarkah Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal ?? Yuk cari tahu benar atau tidak nya dalam artikel ini.

Benarkah Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal

Batu ginjal sendiri merupakan kondisi dimana adanya penumpukan atau pengkristalan yang tidak digunakan dalam tubuh. kalsium yang biasanyaa mengkristal jadi batu adalah jenis kalsium oksalat.

Benarkah Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal ?

Sebenarnya makan bayam tidak bikin batu ginjal. Lalu mengapa bantak orang yang takut makan bayam ? isu bayam bikin batu ginjal berawal dari adanya kandungan kalsium oksalat di dalam bayam.

Ya, bayam memang mengandung oksalat. Akan tetapi, makan satu porsi bayam saja tidak lantas menyebabkan batu ginjal

Perlu anda ketahui, dalam 100gram sayur bayam, kandungan oksalatnya adalah 970 miligram atau 0,97 gram. Sekali amkan sayur bayam (satu porsi), anda mungkin menyantap sekitar 50 sampai 100gram bayam.

Sementara itu, kalsium oksalat tidak akan menjadi bahaya bilsa tidak di konsumsi secara berlebihan. Kadar oksalat yang berbahaya, hingga bisa menyebabkan kematian pada manusia adalah lima gram. Jadi, selama anda tidak mengonsumsi sayur bayam kebanyakan, bayam tidak membahayakan kesehatan.

Meski Tidak bahaya, tak ada salahnya untuk membatasi konsumsi bayam

Benarkah Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal

Makan bayam memang tidak langsung menyebabkan batu ginjal. Namun, bagi orang yang memang memiliki resiko terhadap fungsi ginjal, kelebihan kalsium, kelebihan Vitamin D, gangguan fungsi pencernaa, atau punya kondisi lainnya terkait batu ginjal, sebaiknya batasi konsumsi sayur bayam.

Jika tubuh manusia kelebihan zat oksalat, maka zat tersebut akan bergabung dengan kalsium yang berada pada ginjal, sehingga lama kelamaan akan berbentuk kristal-kristal kecil. Sebetulnya kristal ini bisa hilang terbawa oleh urine, namun, jika kristal-kristal ini terlalu banyak, maka akan bergabung dengan kristal lainya, dan seiring berjalannya waktu, akan membentuk batu-batu kecil yang disebut dengan “batu ginjal”.

Usahakan untuk mengganti jenis sayur yang anda konsumsi setiap hari. Jangan hanya makan sayur bayam seperti sayur bening atau pecel. Variasikan dengan sayur lodeh, sayur sop, sayur nangka, capcay, atau sayur asam misalnya.

Hal-Hal  Lain yang bisa dilakukan untuk cegah batu ginjal

Selain membatasi konsumsi bayam, anda juga harus melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menjauhkan diri dari penyakit batu ginjal :

  • Minum yang cukup, paling tidak dua liter setiap hari. Dehidrasi atu kekurangan cairan bias meningkatkan resiko pengkristalan kalsium
  • Jaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan membuat anda lebih beresiko mengalami gangguan fungsi ginjal.
  • Rajin Periska ke dokter . Terutuma kalau anda memang beresiko mengalami penyakit ginjal dan kondisi kesehatan lainnya yang membuatanda rentan terhadap batu ginjal.

Nah Itulah Informasi Terkait Benar Atau Tidaknya Bayam Sebabkan Batu Ginjal, Itu semua Tergantung dari Porsi yang kita makan , terlalu banyak makan bayam maka kandungan oksalat daalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan batu ginjal.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa ingin tahu anda, dan semoga bisa menambah wawasan anda. Sekian dan Terimakasih

ARTIKEL HERBAL

GAMAT EMAS KAPSUL SOLUSI ATASI MAALAH GINJAL SECARA CEPAT EFEKTIF TANPA EFEK SAMPING

Penyebab Gula Darah Cepat Naik

 

BACA ULASANNYA

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*